PEREKAMAN E-KTP KECAMATAN PAKIS

PEREKAMAN E-KTP KECAMATAN PAKIS

0

Kecamatan Pakis memiliki jumlah wajib KTP sebanyak 113.442 dari jumlah penduduk sebanyak 142.767, sesuai data terakhir per April 2012.
Untuk perekaman biometrik program KTP Elektronik (E_KTP), kecamatan Pakis telah mulai dilaksanakan tanggal 1 Juni 2012 yang lalu. Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, tiap hari melakukan perekaman data dengan target kurang lebih 300 orang atau warga di 3 RT.
Giliran pertama adalah Desa Pakiskembar, yang memiliki jumlah wajib KTP sebanyak 6.961, yang diperkirakan memakan waktu sampai 23 hari.
Sosialisasi dan pengarahan kepada Ketua RT dan RW terlebih dahulu dilakukan oleh Tim Satgas Kecamatan Pakis di tiap desa sekitar 5 hari sebelum pelaksanaan perekaman biometrik.
Tujuan dari sosialisasi ini tentu saja, agar ketua RT yang menjadi garda terdepan dalam filter data kepandudukan di wilayahnya masing-asing, menjadi lebih paham dan jelas bagaimana persyaratan keikutsertaan E-KTP, proses perekaman, dan sebagainya.
Sesuai dengan instruksi dan kebijakan Camat Pakis, dihimbau dan diharapkan, setiap warga masyarakat yang hendak mengikuti foto E_KTP, bagi yang belum membayar PBB tahun 2012 dan atau tahun sebelumnya, dapat langsung membayar di loket Bank Jatim di Kantor Kecamatan Pakis yang terlayani secara Online.
Selama 5 hari pertama pelaksanaan perekaman E-KTP sudah mencapai 1.589 wajib KTP.
Diperkirakan, kalau rata-rata 300 wajib KTP perhari, maka proses perekaman di kecamatan Pakis sampai kurang lebih 15 bulan, karena perlatan yang tersedia hanya 2 set saja dan 4 petugas operator.

SIMILAR ARTICLES

0

0

Comments are closed.